Jumat, 15 April 2011

UJIAN NASIONAL YANG PUTIH, ABU-ABU DAN HITAM

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Setiap warna mampu memberikan kesan dan identitas tertentu sesuai kondisi sosial pengamatnya. Misalnya warna putih akan memberi kesan suci dan dingin di daerah Barat karena berasosiasi dengan salju. Sementara di kebanyakan negara Timur warna putih memberi kesan kematian dan sangat menakutkan karena berasosiasi dengan kain kafan (meskipun secara teoritis sebenarnya putih bukanlah warna).

PUTIH
Putih adalah representasi kehadiran seluruh warna dasar dalam keadaan maksimum dengan proporsi sama besar. Putih, seperti juga hitam dan abu-abu, tidak bisa dikatakan didefinisikan sebagai warna tertentu. Putih dalam pengertian ideal berarti kehadiran seluruh warna dengan cahaya maksimum sehingga tidak bisa lagi direpresentasikan oleh mata atau sensor kamera, berkebalikan dengan definisi ideal hitam. Putih berarti tidak ada cacat atau cela, semua terwujud secara maksimal, sempurna.
Pemerintah Wonosobo melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga tahun ini bertekad merealisasikan keinginan Provinsi bahwa ujian nasional harus lulus 100% secara bermartabat. Martabat disimbolkan dengan warna putih karena berkonotasi keluhuran kedudukan manusia sebagai makhluk sempurna, sebaik-baiknya ciptaan Allah. Martabat manusia selalu terjaga ketika manusia berhasil mengolah dan mengembangkan potensi akal, rasa dan karsa secara baik dan benar. Tidak ada jalan pintas yang sesat, tidak kecurangan, tidak ada intimidasi, tidak saling contek.

izaskia.files.wordpress.com

HITAM
Hitam dalam definisi ideal adalah representasi ketidakhadiran sedikit pun warna atau cahaya di dalam sebuah ruang gelap. Dalam fotografi, hal ini berarti ketidakmampuan film atau sensor menangkap cahaya akibat intensitas pembakaran terlalu rendah. Dalam kehidupan kita ketidakmampuan menangkap nilai-nilai luhur menjadikan kegelapan, alam jahiliyyah, sehingga martabat manusia jatuh ke titik yang lebih rendah bahkan dibandingkan sebuah makhluk binatang yang dianggap menjijikkan karena membawa najis.
Perubahan warna dari suatu objek karena perubahan kondisi adalah suatu hal yang alami dan wajardalam hidup. Daun muda berwarna hijau keputih-putihan, semakin lama warna hijaunya semakin tua dan tegas. Setelah beberapa saat, kesegaran warna hijau berangsur menjadi layu yang diikuti dengan perubahan warna menjadi coklat, coklat tua dan menghitam karena menjadi bahan bakar di dapur.
Sementara itu karena rambut kepala manusia semula berwarna hitam tetapi lama-kelamaan memutih. Namun sebaliknya yang terjadi adalah pada tembok masjid yang menjadi tempat bersandar punggung dan kepala ketika mendengarkan dan mengikuti ta’lim para tetangga saya. Tembok yang semula putih atau coklat muda karena gesekan kepala dan punggung berangsur-angsur menjadi hitam.
Setiap manusia adalah anak Adam, dan anak Adam adalah tempat lupa dan salah. Wajar dan manusiawi. Namun yang penting, lupa dan salah inilah yang harus segera diperbaiki menjadikan agar tak terlanjur menjadikan hati kita hitam pekat.

ABU-ABU
Abu-abu sebenarnya bukanlah warna, seperti juga hitam dan putih. Abu-abu hanyalah tingkat itensitas warna jika diterjemahkan dalam komposisi hitam-putih. Abu-abu bisa pula berarti titik-titik hitam yang tidak sempurna seperti yang terdapat di dalam lukisan pointilisme.
Kita tidak ingin menjadikan abu-abu apalagi hitam sebagai finish dalam kehidupan. Terpaksanya, kita menempuh abu-abu adalah sebagai bagian dari proses menuju yang putih. Keluhuran martabat sebagai makhluk Tuhan yang tertinggi derajatnya adalah harga mati agar kelak berjumpa Tuhan dengan wajah cemerlang, bukan abu-abu.

radhi.wordpress.com

Ujian nasional dengan alokasi uang rakyat yang besar dan dengan tujuan yang juga mulia untuk menjadikan kita sebagai bangsa yang besar, yang bisa membedakan hitam, putih dan abu-abu kehidupan luas, sejatinya bukan hanya urusan hitam putih di dunia, melainkan terbawa sampai ke alam baka.
Harapan kita semoga semua pihak dapat mewujudkan kelulusan 100% pada UN dengan cara yang bermartabat, putih bersih dari noda agar masa depan cemerlang generasi kita dapat diraih. Semoga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar